Thursday, March 17, 2016

DISC and 16 personalities

Hello semuanya,
Hari ini gw lagi mau ngebahas tentang sesuatu yang berkaitan dengan psikologi. Gw bukan baru kelar ikut kelas psikologi ya tapinya. Jadi ceritanya gw dapet materi ini (ciehh materi) dari kelas COL di gereja gw JPCC. COL ini kepanjangannya adalah Community of Leaders. Jadi di kelas yang ada 9 pertemuan ini, kita diajarin gimana jadi relevant leaders. Gimana sih untuk menjadi relevant leaders? Yang jelas kita sebagai seseorang harus mengetahui diri kita sendiri. Siapa kita, bagaimana personality kita, apa saja karunia yang udah dikasih Tuhan buat kita. Kenapa kita perlu tahu tentang hal itu? Gampangnya gini, gimana kita bisa lead orang lain kalo lead diri kita sendiri aja gak bisa. Dengan mengenal diri kita, akan lebih mudah untuk menguasai diri. Cieehhh ceritanya jadi bijak sedikit.

Okeh pertama gw mau membahas soal DISC. Apa itu DISC? Yang jelas gak ada hubungannya sama Compact Disc apalagi Laser Disc. DISC itu kepanjangannya adalah Dominant Influence Steady Compliance. Hampir mirip sih sama 4 tipe kepribadian dominan sanguinis melankolis plegmatis, cuma yang ini agak beda. 
Perbedaan antara DISC sendiri bisa dilihat di gambar ini :



Nah keliatan kan. Untuk tesnya sendiri dari kelas COL punya pertanyaan yang harus dijawab dan nanti setelah selesai dijawab bakal dihitung dan dibikin grafiknya. Angka yang paling tinggi adalah 7 dan yang paling rendah adalah 1. Jadi semakin tinggi angkanya berarti kepribadian yang itu semakin menonjol di diri kita. Hasil DISC gw adalah 

D : 7   -  I : 2   -   S : 1  -   C : 4

Kayaknya sih udah keliatan banget ya personality yang paling menonjol dari gw adalah Dominant - Compliance. Menurut gw sih hasilnya udah tepat banget. Karena ciri-ciri yang disebutin sesuai banget sama gw.

Karakter orang D adalah :
Direct,
Result Oriented
Firm
Strong-willed
Forceful


Sedangkan karakter orang C adalah :
Analytical
Reserved
Precise
Private
Systematic

Gimana? Gw banget kan? Hahahaha... Nah test DISC ini dikonfirmasi lagi dengan test yang lain yaitu 16 personalities.  Kalo yang ini lebih ribet daripada DISC. Iyalah, ada 16 kemungkinan loh. Kalo yang ini sih gw dapet dari temen gw yang lain dan bukan dari kelas COL, tapi 16 personalities ini juga tepat banget. Buat kalian yang mau coba test, bisa coba di webiste 16personalities.com . Ini adalah contoh hasilnya :



Coba tebak dari 16 kepribadian yang ada, gw yang mana? Hahahaha..
Okeh, gw adalah ISTJ dimana role gw adalah sentinel dan strategy gw adalah constant improvement. Introvert 36%, Observant : 45%, Thinking 11%, Judging 89%, dan Turbulent 48%. Artinya apa? Gw juga kurang paham. Wkwkwkwk.. 
Okeh setelah dibaca, orang ISTJ adalah orang yang

honest and direct, 
strong-willed and dutiful,
very responsible, 
calm and practical,
create and enforce order,
jack of all trades, 
stubborn, 
insensitive, 
always by the book, 
judgmental. 
often unreasonably blame themself.

Yah setelah dibaca emang gw banget sih ini. Dan percaya gak percaya, kalo kita jawab testnya dengan jujur dan gak pake mikir, pasti hasilnya tepat banget dan seharusnya hasil antara test apapun yang kita pakai semuanya mirip. Menurut gw hasil test DISC dan 16 personalities gw sama  banget dan saling mendukung sih. Tertarik buat nyoba testnya?


No comments:

Post a Comment