Monday, July 27, 2015

Sydney Trip : Taronga Zoo, Blue Mountain, Katoomba, and Leura

Di postingan kali ini, gw mau cerita tentang tempat wisata yang nature di Sydney yaitu Taronga Zoo dan Blue Mountain. Sebenarnya ini 2 tempat yang jauh berbeda banget dan gw juga pergi di hari yang beda, gapapa ya kalo postingannya digabungin. Hehehehe..

Okeh, pertama ngebahas tentang Taronga Zoo dulu. Gw pergi ke zoo berdua doank sama Thomas karena yang lain memang gak plan untuk pergi ke zoo. Sebenernya alasan mau ke zoo sih cuma 1, mau liat yang namanya KOALA! Biasa deh, gw kan anaknya penasaran. Hohohoho. Jadi di hari Jumat, gw dan TK bolos morning rally nya Hillsong dan cuss ke Taronga Zoo. Cara untuk pergi ke Taronga Zoo sangat-sangat mudah. Kita tinggal naik train ke Circular Quay station. Lalu di Circular Quay, kita nyambung naik ferry yang menuju ke Taronga Zoo.

Circular Quay Ferry Port

FYI, Taronga Zoo itu ada di sisi lain nya Sydney, makanya harus naik ferry. Berasa kayak mau ke Jurassic World gitu deh. Nah, di Circular Quay nya sendiri gak susah untuk ketemu pelabuhan ferry nya karena udah nyambung sama train stationnya. Sampe disana, tinggal tanya orang dimana port ferry yang akan pergi ke Taronga Zoo. Ferry nya berangkat setiap 30 menit sekali jadi gak perlu takut ketinggalan ferry. Nah, untuk yang mau ke Taronga Zoo, sebaiknya pergi pagi-pagi pas zoo nya buka yaitu jam 9.30 supaya lebih puas dan bisa ngeliat semua binatang yang ada disana.

On My Way to Taronga

Setelah dari ferry, kita bisa pilih 2 cara kalo mau ke zoo. Naik bus atau naik cable car. Tapi karena kemarin kita gak tau, jadinya keburu naik bus. Coba kalo tau mah mendingan naik cable car deh. Sampai di zoo, kita beli tiket dulu di loket. Saatnya ngeluarin voucher yang dirobek dari buku Sydney Guide yang diambil pas di Airport. Sebenarnya harga tiket masuk Taronga Zoo untuk adult $46, tapi karena pake voucher, kita dapet diskon jadi cuma $39 sajah. Lalu, seperti yang gw bilang di awal, karena misi nya adalah liat koala dan foto sama koala. Gw dan TK beli tiket tambahan untuk masuk ke kandang Koala. Harga tiketnya $20 udah termasuk difotoin bareng sama si koala. Akhirnya kita patungan seorang $10.

Main Entrance Taronga Zoo

Antri di loket Taronga Zoo

Nah, overallnya, zoo ini sangat-sangat rapi dan banyak binatang khas Australia. Ada kanguru, wombat, platypus, koala, emu, tazmanian devil, quokka, dan lainnya. Lalu ada binatang standar lainnya seperti singa, harimau, jerapah, zebra, hippo. Dan ada juga binatang yang jarang keliatan kayak lemur, meercat, penguin, red panda. Lalu ada show anjing laut juga dan di jam-jam tertentu ada pemandu yang ngejelasin beberapa binatang yang ada disana.

Milly and Sydney the Koala

Chloe the Wombat

Kangoroo

Tazmanian Devil

Yang unik dari binatang yang ada di Taronga Zoo ini, ada zona dimana binatangnya gak di kandang atau dipagarin tapi mereka gak nyerang pengunjung. Jadi ya cuek-cuek aja sama pengunjung yang ada. Mungkin mereka udah biasa kali ya diliatin sama muka-muka kepo. Hohohoho.. Zoo nya juga rapi dan gak bau. Gw sama TK keliling zoo dan ngeliat semua binatangnya sampe jam 3 sore lalu setelah itu kita naik ferry dan balik ke Olympic Park untuk ikut Hillsong Conference afternoon rally yang terakhir.

Besoknya, kita semua pagi-pagi berangkat menuju ke Blue Mountain. Nah, Blue Mountain ini juga tempat wisata alam. Disana kita hiking naik turun bukit untuk ngeliat scene view. Untuk ke Blue Mountain ini kita tinggal naik train ke Central, lalu di Central kita ganti train yang pergi ke Katoomba Station. Katoomba ini letaknya sekitar 2 jam dari Sydney kalo naik train dan daerah pegunungan. Mungkin kayak Puncak kali ya kalo di Jakarta. Sampai disana, udaranya dingin banget, lebih dingin dari Sydney. Jadi buat yang mau kesana apalagi pas winter sebaiknya udah pake baju yang tebel dan sepatu yang nyaman karena disana bakal jalan terus naik turun bukit.

Arrive at Katoomba

Dari Katoomba, untuk menuju ke Blue Mountain, kita naik bus yang akan ngelewatin Scienic World. Nah, di Scienic World ini, kita bisa beli tiket untuk mengelilingi Blue Mountain. Harganya kalo gak salah $35 dan kita bisa naik 4 ride termasuk cable car untuk melihat view Blue Mountain

Scienic World

Scienic Ride

Tapi kita gak naik ride nya dan cuma jalan-jalan hiking di perbukitan Blue Mountain. Nah, di Blue Mountain ini sangat terkenal dengan legenda Three Sisters. Three Sister ini merupakan 3 gunung batu yang konon ceritanya mereka ini adalah 3 penyihir yang dikutuk.

Three Sisters

Setelah melihat Three Sisters, kita bisa jalan ngikutin track yang udah ada untuk ngeliat view.

Blue Mountain View

Waterfall

Selesai hiking di Blue Mountain, kita naik bus yang sama menuju Katoomba Station. Sekarang dari Katoomba Station, kita naik train menuju Leura Village. Leura ini tempatnya sangat-sangat bagus dan masi berasa village nya. Di jalan yang namanya Leura Mall banyak banget toko kecil-kecil yang jual barang-barang lucu. Ada candy shop, toko coklat, toko mainan, pharmacy, kantor pos. Bentuk tokonya pun kayak kota boneka dan serba kayu.

Leura Iconic Wall

Leura Mall Street

Post Office

Candy Shop

Chocolate Shop

Tapi karena kita sampai di Leura sekitar jam 4, kita gak bisa terlalu lama jalan-jalan karena toko-toko disana udah pada tutup sekitar jam 6. Selain itu perjalanan balik ke Sydney 2 jam, jadi jam 6 kita udah harus naik train dari Leura Station ke Central Station.

Sekian cerita dari gw di postingan kali ini. Ditunggu postingan selanjutnya. Bhay!

1. SERU!!! hahaha.. saran dari aku.. ukuran fotonya digedein!! wakakakak biar puas liatnya... Good Job vin!!! ayo lanjutkan postingan berikutnya...

1. gak tau cara gedeinnya.. harus belajar dulu sama suhu tomkuu kyknya.. Hahahahaha

2. sis mau nanya.. cara nya ke three sister tanpa naik rides nya gimana ya?