Monday, March 28, 2016

Hometown Trip : Jambi

Hai hai...

Liburan passover dan paskah kemarin gw baru aja pulang ke Jambi. Yang beda kali ini adalah karena gw bawa tamu dari Jakarta. Yaitu calon dan calon mertua gw.. Jadi malu ih.. Hohohoho... Sebenernya ini PR banget buat gw karena jarang banget gw bawa tamu. Kenapa? Bawa tamu means gw harus ajak mereka jalan-jalan. Yang bikin susah adalah karena gw gak tau mau ngajakin mereka kemana. Bukannya Jambi gak punya tempat wisata. Banyak banget sebenernya, tapi kalo mau wisata alam itu agak jauh. Misalnya Gunung Kerinci atau Air Terjun Segerincing. Kalo mau wisata budaya sih bisa aja ke Candi Muaro Jambi atau jalan-jalan ke Museum. Tapi gw yakin mereka gak tertarik sih. Hahahaha.. Lalu bisa aja sih gw ajakin ke "Ancol" nya Jambi yaitu tepi Sungai Batanghari di seberang rumah dinas gubernur sore-sore sambil makan jagung bakar dan minum es tebu. Tapi sekali lagi itu gak memungkinkan karena jadwal kita juga penuh untuk ketemuan sama keluarga gw yang lain. Lagipula kita cuma 3 hari di Jambi jadi emang gak bisa pergi ke banyak tempat. Akhirnya gw memutuskan untuk ngajak mereka wisata kuliner aja. Disclaimer dulu, kuliner yang kita pergi mengandung makanan tidak halal yaa.

1. Mie Pangsit
Hari kedua di Jambi pagi-pagi gw sama dedek ngajakin mereka makan mie pangsit babi yang ada di Talang Banjar. Nah, di daerah Talang Banjar ini banyak banget mie pangsit yang enak. Pilih aja salah satu. Tapi perlu dicatat, jangan cari mie pangsit medan atau ala ala daerah lain karena cita rasanya udah beda banget. Yang penting harus cari yang pure mie pangsit Jambi.

Mie Pangsit


2. Kwetiau dan Sate Turunan DKT
Kenapa namanya Turunan DKT? Karena lokasinya adalah di dekat penurunan setelah rumah sakit DKT. Hahahaha.. Maksa banget kan? Tapi beneran sampe sekarang kita gak ada tau nama tempat makan ini apa. Kalo akong gw dulu sih nyebutnya tempat ini "ia-kha" alias "dibawah pohon kelapa". Kenapa? karena di sebelah si tukang jualan kwetiau dulu ada pohon kelapa. Sekarang sih udah ilang tuh pohon kelapa. Hahahahaha..
Nah, di turunan DKT ini aceknya jualan kwetiau, lomie, dan bihun. Sebenernya gw juga pernah makan capcainya pake nasi. Tapi favorit disini tetap kwetiau siramnya. Yang jelas kwetiau di jambi beda banget sama di daerah lain. Selain itu disini juga jualan sate ayam dan sate babi dengan bumbu kacang. Kalo gw balik Jambi sih harus banget makan satenya walaupun entah kenapa setiap gw pulang perasaan harga satenya naik perlahan namun pasti. Lol..

Lo Mie Siram

Sate Babi




3. Pempek
Ini juga salah satu must eat di Jambi. Walaupun orang mah taunya pempek itu khas palembang tapi tetap aja di Jambi, makan pempek itu wajib hukumnya. Daerah yang banyak jualan pempek juga sama kayak mie pangsit yaitu di Talang Banjar. Di daerah ini ada Pempek Selamat, Pempek Sumsel, Pempek Asiong, Pempek Mega, dan masih banyak lagi. Favorit gw sih Pempek Sumsel, tapi kalo mau agak fancy sih bisa ke Pempek Selamat yang tempatnya full AC. Semuanya enak kog pempeknya. Selain itu kita juga bisa beli oleh-oleh kerupuk di tempat pempek. Jadi bisa makan sekalian beli oleh-oleh deh.

Pempek Selamat
Photo Credit : Pempek Selamat

4. Simpang Jelutung
Buat yang suka hunting makanan yang cuma ada di pagi hari dan cuma enak dimakan pagi-pagi wajib ke simpang Jelutung. Sebenernya sih namanya toko kopi Ahok, cuma kalo di Jambi orang taunya sih Simpang Jelutung. Gw inget banget dulu tempat ini tadinya rumah kayu gitu, tapi rame banget dan kalo pagi bikin macet. Tapi sekarang dia udah berubah jadi ruko 3 lantai dan kayaknya sih semakin banyak dagangannya.
Disini jualan nasi gemuk, mie celor, martabak india, soto, lontong sayur. Kalo mau pesen minum sih wajib banget pesen kopi susu. Oh ya disini juga ada telor setengah mateng yang super enak (jadi ngiler). Boleh banget kalo mau cari one stop breakfast place ya disini tempatnya.

Nasi Gemuk

Kopi Susu

Mie Celor


Martabak India


5. Aneka Rasa
Yang suka makanan Indonesia, kalo ke Jambi wajib makan disini. Tempatnya rada fancy dan sepertinya kalo pejabat dari Jakarta berkunjung ke Jambi mereka suka makan disini. Terbukti dari foto-foto pejabat dan Presiden yang dipajang di dinding restoran ini. Menu favorit gw sih karedok, gurame bakar, kangkung cah telor puyuh, puyunghai, dan ayam gorengnya. Aneka rasa ini juga bisa jadi tempat bikin acara karena tempatnya luas loh.

6. Nasi padang
Loh, kog nasi padang? Ini kan Jambi. Trust me, nasi padang di Jambi itu lebih padang daripada nasi padang di Jakarta. Hahahahaha... Gak tau ya, mungkin karena lidah gw yang terbiasa dengan nasi padang di Jambi, kadang-kadang gw ngerasa nasi padang di Jakarta itu kayak fake nasi padang. Tapi beneran nasi padang di Jambi lebih enak. Favorit gw sih nasi padang di Juwita Sari, Pusako, dan Alam Raya. Kenapa? Ya pokoknya enak aja deh. Kalo yang di Pusako sih yang bikin enak itu nasi putihnya karena sih katanya itu beras payo asli dari Kerinci yang cuma ada di Jambi. Yang mampir ke Jambi boleh dicoba yaa...

7. Dine & Chat dan Simon & Sons
Yang suka nongki cantik sore-sore bisa cobain ke Dine and Chat yang ada di Sipin di seberang Gramedia. DC ini adalah tempat nongkrong gaholnya anak Jambi selain Simon and Sons. Sebenernya dua tempat ini sih mirip-mirip. Disini menjual cake unyu unyu dan makanan berat. Liburan ini sih gw gak sempet mampir ke dua tempat ini tapi sebelum-sebelumnya udah sering banget. Harga makanan disini juga gak terjangkau dan rasanya enak.

Simon & Sons

D&C

Photo Credit : google

Green Tea Adzuki Cake


8. Swiss Cafe
Last but not least, bagi yang berkunjung ke Jambi. Boleh banget loh nginep di Swiss-Belhotel di Jambi. Hotel yang ada di daerah Sipin tepat di sebelah Gramedia. Baru akan buka besok loh. Kenapa gw bisa nyobain duluan? Karena hotel ini punya keluarga gw. Hahahaha.. Nepotisme. Tapi ini beneran penilaian yang objektif kog. Kamarnya bagus dan interiornya minimalis. Lalu ada Swiss Cafe yang nyediain makanan western, Indonesia, dan Chinese. Kalo mau buffet juga bisa. Cakenya juga unyu-unyu dan enak terutama cheese cakenya. Selain itu ada BnB lounge, kolam renang, gym, dan soon akan dibuka restoran di rooftop. Wihiii... Kalo boleh jujur sih ini kayaknya tempat ter fancy yang ada di Jambi. Pokoknya it's not just a hotel, it's your business address. Cieehhhh....

Fish and Chips

Salad Chef

Norwegian Salmon

Sirloin Steak


Cheese Cake

Tiramisu Cake

Me and Boyfie at Swiss-Belhotel Lobby

Me and Famiy at Swiss Cafe


Lumayan banyak kan makanan yang bisa dicoba di Jambi? Silahkan berkunjung ke Jambi loh.. :)

No comments:

Post a Comment