Thursday, March 31, 2016

Do It Yourself : How to Apply Japan Visa

I'm back!

Ini postingan yang udah gw janjiin sebelumnya yaitu tentang visa Jepang. Kayaknya sebentar lagi gw bisa jadi calo visa sih saking seringnya nyobain apply visa sendiri. Lol..  Okeh jadi gw cerita dulu nih persiapan bikin visa Jepang. Karena gw perginya ber empat sama bokap, nyokap, dan adek gw, jadi persiapannya udah dari kapan tau soalnya rada ribet karena semua surat dan akte bokap adanya di Jambi. Means gw udah siapin dari sincia kemaren. Untuk formulir visa, form itinerary perjalanan, dan semua informasi tentang visa sebenarnya udah lengkap banget di webiste Kedutaan Besar Jepang. ( http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html ).

Jadi gw rangkum aja semua yang ada di website tersebut disini. Yang perlu disiapkan adalah :
1. Paspor asli
2. Formulir aplikasi visa (bisa di download di website)
3. Pas foto 4,5 x 4,5 cm 1 lembar (ditempel di form aplikasi)
4. Fotokopi KTP
5. Fotokopi kartu mahasiswa (gw masukin kartu UPH gw juga)
6. Bukti pemesanan tiket (kalo gw tambahin bukti pemesanan akomodasi juga)
7. Jadwal perjalanan (form itinerary bisa di download di website juga)
8. Fotokopi dokumen hubungan keluarga (akte lahir, KK, surat nikah, surat ganti nama, dll)
9. Fotokopi bukti keuangan 3 bulan terakhir (gw juga menyertakan surat referensi dari bank)

Form aplikasi visa



Form Itinerary



Gak ribet kan persyaratannya?
Nah setelah gw siapin semua dokumennya, berangkatlah gw hari Selasa tanggal 15 Maret ke Embassy Japan yang ada di sebelah Plaza Indonesia. Karena jam apply visa dari jam 8.30 sampai jam 12.00, jadi gw jalan jam 7.30 supaya gak kena macet dan untungnya emang gak macet. Gw parkir di PI karena di daerah sana emang 3in1 kalo jam segituan lalu gw jalan kaki ke kantornya dan sampe tepat jam 8.30. Gw pikir gw udah jadi orang pertama yang sampe, tapi ternyata salah besar karena antreannya udah panjang banget. Sampe ada tenda dan kursi-kursi juga buat orang yang nunggu. Tapi akhirnya pada masuk juga pelan-pelan. Mungkin yang boleh masuk sedikit-sedikit biar gak membludak di dalam kantor. Pas masuk kita harus tukerin ID card sama visitor card lalu barang bawaan kita di scan. Setelah itu kita baru boleh masuk ke tempat pembuatan visa.

Antrean di depan kantor kedutaan




Di dalam ruangan, kita dikasih receipt tanda terima yang harus kita isi dulu nama dan nama paspor. receiptnya gunanya untuk ngambil paspor yang sudah ada visanya nanti. Tips pertama, bawalah bolpen. Nah, setelah itu kita ambil nomor antrian. Waktu itu gw dapet nomor 80 dan antrian yang dipanggil udah nomor 30an. Yang gw salut adalah walaupun gw selisih 50 nomor dari antrian pas gw dateng, tapi gw cuma nunggu 30 menitan. Salut sama kerja orang kedutaan Jepang deh.

Visitor card, Nomor antrian, dan Dokumen




Nah, akhirnya tiba giliran gw maju. Daannnn drama pun dimulai. Karena KTP gw, bokap, dan adek masih KTP Jambi, kita harus apply visa di konsulat Jepang di Medan. Nah ini yang gw gak ngerti karena menurut gw jarak Jambi - Jakarta itu lebih deket daripada jarak Jambi-Medan. Tapi Jambi masuk wilayah yuridiksi Medan. Yang bikin nyesek adalah Palembang dan Bengkulu yang jelas-jelas tetanggaan sama Jambi masuk wilayah yuridiksi Jakarta. Yah salah gw juga sih karena gw gak baca peraturan itu di webistenya. Hiks.. Akhirnya yang bisa gw urus cuma visa nyokap. Lumayan lah. Sedangkan punya gw, bokap, dan adek gw serahin sama travel agent. Gw sebenernya gak rela sih. Tapi daripada repot. Sebenernya sih kata orangnya gw bisa aja apply disini dengan syarat ngasih surat  yang ngejelasin gw mahasiswa aktif dari UPH, tapi karena gw udah males balik lagi jadi gw serahkan aja ke travel agent.


Wilayah Kantor Yuridiksi




Punya nyokap sendiri berjalan dengan lancar prosesnya dan cuma makan waktu 4 hari. Sebenernya kalo paspor kita udah e-passport malah cuma 2 hari pengerjaan visa waivernya dan gretong. Hiks. Yaudah mau gimana lagi kan.

Belum selesai drama KTP Jambi, muncul lagi drama berikutnya karena bokap gw lupa ngasih surat ganti nama karena akte lahir dan KTP nya beda nama. Biasa deh orang jaman dulu akte lahirnya masih pake nama Chinese gitu. Akhirnya bokap harus kirim surat ganti nama nya pake tiki dan gw harus scan dan email ke travel agent yang ngurusin visa gw.

Akhirnya setelah beberapa hari menunggu, tibalah hari jumat untuk ngambil visa nyokap yang udah jadi. Inget-inget bawa receipt tanda terima dan uang untuk bayar visanya. Harga visa Jepang untuk single entry adalah Rp 330.000,- . Keterangan selengkapnya bisa dilihat di website kedutaan Jepang.
Jadwal pengambilan visa dimulai jam 13.30 dan gw udah jalan dari rumah jam 12 siang. Tapi suek banget karena jalanan agak macet dan parkiran PI juga rame banget. Sampe di Kedutaan Jepang jam 13.20 dan antriannya parah banget lebih parah daripada antrian pas gw apply visa. Duh! Tapi ya sudahlah ya. Masa cuma karena antrean panjang terus gak jadi ngambil visa. Prosedurnya juga sama sih dengan apply visa. Antri, tukerin KTP, scan barang bawaan, ambil nomor antrian, dan tunggu sampe nomor antrian dipanggil.

Receipt pengambilan visa




Nah, gimana nasib visa gw, bokap, dan dedek? Setelah 1 minggu pembuatan akhirnya dikabarin sama agentnya kalo visa kita keluar juga walaupun sempet deg-degan dan ada sedikit drama karena dedek dapet visa waiver yang seharusnya buat pemegang e-passport padahal paspor dedek itu paspor biasa. Tapi karena kata agentnya itu gak masalah akhirnya ya udah deh. Finally visa jadi and we are ready for JAPAN!

Visa Jepang




Kantor Kedutaan Jepang :

Jalan MH Thamrin 24
Jakarta Pusat 10350


No comments:

Post a Comment