Tuesday, May 10, 2016

Japan Trip Kyoto : Gion, Nishiki Market, Fushimi Inari, Arashiyama Bamboo Forest

Hari ketiga di Jepang kita pack up barang dan langsung menuju ke Shin-Osaka Station dengan gotong-gotong koper. So memang dari awal gw udah plan nginep di daerah Shin-Osaka karena untuk menuju ke Kyoto, kita harus lewat stasiun ini. Perjalanan dari Osaka ke Kyoto sendiri hanya 15 menit menggunakan train. Kyoto juga masih daerah Kansai so kita masih bisa pake ICOCA Card.

Train Menuju Kyoto

Kyoto Station

Setelah sampai di Kyoto, kita langsung naik bus yang cara jalan dan nomornya udah dikasih tau sama owner apartement AirBnB nya. Ternyata apartemen ini agak jauh dari stasiun train jadi lebih baik naik bus. Nah, sampai disana, terjadi drama. Seperti biasa, perjalanan kalo gak ada dramanya pasti belum asik. Jadi ceritanya si owner udah ngasih tau bahwa kunci apartemennya akan ada di dalam kotak surat, dan setelah kita dapetin kunci di kota kotak surat, kunci itu akan bisa buka panel room di sebelah unit dimana kunci asli apartemen ada di panel room itu Dia sendiri udah ngasih lock code untuk buka kotak surat itu. Tapi ternyata setelah kita cek kotak suratnya gak ada kuncinya. Dan si owner gak bisa dihubungi. Oh nooo.. Akhirnya kita nepi dulu di McDonald's seberang apartement sembari nunggu ownernya bales chat gw. Tapi karena kelamaan, akhirnya gw dan dedek sok ide untuk masuk ke gedung apartemennya dan naik ke unit dan coba untuk langsung cek ke panel room. Dan ternyata jengg jenggg, panel room bisa dibuka dan ada kunci apartemennya disana. Akhirnya kita manggil daddy dan mami untuk langsung cuss ke apartemen.

AirBnB Apartment at Kyoto

Photo Credit : AirBnB

Setelah taro-taro barang, kita naik bus lagi. Dan drama selanjutnya dimulai. So niatnya gw sih mau balik ke Kyoto Station dan naik train menuju ke Gion District, tapi kita naik bus ke arah berlawanan. Wahhh gaswat kan. Tapi untungnya Bus ini malah melewati Nishiki Market yang memang gw rencanain untuk pergi setelah jalan-jalan di Gion. Akhirnya kita turun di Nishiki Market untuk jalan-jalan dan cari makan. Di Nishiki sendiri ada sanrio store. Dan akhirnya kita makan udon di salah satu restoran disana. Di Nishiki ini sendiri juga banyak menjual oleh-oleh dan souvenir khas Kyoto salah satunya mochi segitiga, kimono, bakiak, dan lainnya.

Kyoto Mochi

Sanrio Store at Nishiki

Cake Shop at Nishiki

Our Lunchie

Setelah jalan-jalan di Nishiki, kita langsung jalan kaki di Gion District. Gion District  ini ternyata tempat yang masih agak tradisional, dimana ada kali dan rumah-rumah tradisional. Katanya sih kalo beruntung kita bisa ketemu geisha tapi sayangnya kemarin kita gak ketemu sih.

Gion at Night

Gion District

Setelah dari Gion kita langsung pulang untuk istirahat untuk besoknya ke landmark yang lain.

Besok pagi menjelang siang, kita langsung menuju ke Fushimi Inari. Itu loh kuil yang terkenal dengan tiang-tiang orangenya itu. Yang happening banget. Untuk kesana, pertama kita naik bus ke Kyoto Station dulu, tenang kali ini gak pake nyasar. Nah dari Kyoto Station kita menuju ke Inari Station. Nah sebenarnya disini banyak banget tempat-tempat untuk nyewa kimono, cuma kayaknya ribet banget dan apalagi kan gw tour leadernya ye kan, jadi gak bisa deh gaya-gayaan pake kimono.

Di Fushimi Inari sendiri rame banget nget nget. So kalo kalian liat ada foto yang sepi banget, cuma orang yang di foto dan tiang-tiangnya, itu hanyalah kebetulan semata or kalo kalian niat, kalian bisa jalan agak jauh ke dalam goa tiang itu. Karena tempat itu bener-bener rame dan impossible banget buat foto sendirian disana. Atau mungkin kalian bisa dateng agak pagian kesana sih kalo saran gw. Akhirnya gw foto di pinggiran tiangnya demi foto kekinian ala-ala

Fushimi Inari

Di daerah Inari ini juga banyak yang jualan street food kayak okonomiyaki dan yakisoba. Gw dan dedek nyobain juga sih sembari orang tua pada duduk-duduk di tempat peristirahatan. Tapi kita lupa foto makanannya saking ribetnya dan memang street food jadi tangan kita penuh dengan makanan-makanan itu.

Nah, setelah dari Fushimi Inari, kita langsung menuju ke Arashiyama Bamboo Forest yang kekinian itu. Naik train juga dan turun di Arashiyama Station. Disini sebenarnya kita bisa nyewa sepeda atau naik rickshaw yang ditarik abang-abang Jepang. Namun lagi-lagi dikarenakan ribetnya trip ini, kita jadinya gak bisa ala ala. Di Arashiyama suasananya adem banget dan sepi. Pokoknya serasa mendapatkan kembali inner peace.
Arashiyama Bamboo Forest

Setelah dari Arashiyama kita langsung pulang untuk istirahat. Dinnernya apa? Kita akhirnya nyobain Yoshinoya Jepang! Yeayyy... Bedanya apa Yoshinoya disini sama di Jepang. Nah di Jepang ini ukuran bowl nya ada 6 ukuran dan tentu aja ada menu babi. Hahahaha.. So siap menuju Tokyo besok harinya.