Wednesday, April 30, 2014

Tragedi Berdarah si Jempol

Tanggal 23 April lalu, gw baru saja menjalani operasi jempol kaki. Eitss.. tenang tenang, gw bukan amputasi jempol kog ( banyak yang mengira begitu. Amit amit.) 

Jadi yang dioperasi itu adalah kuku nya. Kenapa harus di operasi? Karena kuku gw emang kayaknya rapuh banget jadi sering patah. Nah, si kuku kaki kanan gw ini suatu hari patah sehingga pinggirannya nusuk-nusuk daging di sampingnya. Duhh, itu sakitnya luar biasa sampe gak diapa-apain aja bisa nyut-nyutan sendiri. Sampe puncaknya, kena selimut aja sakit banget. Padahal kan kalo malem kita tidur mesti pake selimut ya.

Akhirnya setelah ngobrol-ngobrol sama teman gw David, dia bilang mendingan dicabut aja daripada sakit berkepanjangan. Nah loh.. Padahal gw denger cabut kuku itu lebih sakit dari operasi yang lain.. Kan takut.. tapi sakit juga.. Gimana donk?

Paginya di hari H, akhirnya gw memutuskan ya udahlah di operasi aja daripada nanti infeksi dan harus diamputasi beneran.. Hiiii kan serem nanti gak punya jempol lagi. Gw kontek si David karena dia bilang mau nemenin. Emang gw butuh dukungan moril deh untuk operasi kali ini. Lagian sepertinya gw gak akan bisa nyetir setelah operasi.

Pulang kerja, gw jemput David di CP trus abis itu gw sama dia ke Grha Kedoya. Kita pilih rumah sakit itu karena sekalian mau jengukin teman kita Rieny yang lagi sakit juga. Lagipula setiap Rumah Sakit pasti ahli cabut kuku kog.

Karena kita mau pake asuransi, jadi kita masuk melalui UGD. Dan memang untuk operasi kecil kayak cabut kuku biasanya dilakukan di ruang UGD karena cuma bentar banget. Setelah isi-isi form dan ngasih kartu Hospital dari Prudential, kita nunggu sebentar dan akhirnya gw disuruh tiduran di salah satu bed. Serem banget! Untung ada David yang ngajak ngobrol. Kalo gw sendiri mungkin makin serem. 

Anyway sebenernya kita gak yakin juga kalo Prudential bakal nge cover biaya operasi ini. Karena terkadang kalo sakitnya gak masuk akal dari pihak dokter SOS nya ( bagian dokter Prudential), mereka gak akan nge cover. Tapi kan gak ada salahnya dicoba.

Setelah nunggu agak lama, akhirnya si dokter tukang jagal nya datang. Ternyata masih dokter muda. Gw kan jadi gak yakin sama dokternya. Tapi percaya aja deh.. Dokternya juga ngajak ngobrol terus biar gak berasa sakit.

Nah, dimulai lah operasi. Pertama, kaki gw dioles sama betadine banyak banget sampe warnanya kuning. Katanya sih supaya steril. Lalu, setelah dikasih betadine, dokternya nyiapin suntikan bius. Seremm... suntikannya sih kecil.. tapi tetep aja menakutkan.

Cusss, akhirnya suntikan pertama di jempol kanan gw.. Gak sakit! Gw udah hampir lega tapi dokternya malah bilang masih ada 3 suntikan lagi! What? Jempol doank masa harus 4 kali suntik sih. Akhirnya disuntik bagian jempol atas kiri kanan, dan bawah kiri kanan juga. Yang bawah donk rasanya mantep banget. Percaya, jangan mau disuntik di bagian kaki bawah deh. Untungnya gw gak teriak. Malu-maluin aja masa teriak di UGD.

Nah, setelah kaki gw baal, gw udah gak mau liat lagi deh. Sebenernya dari awal disuntik gw juga gak liat. Cuma si dokter, suster, dan David yang ngeliat. Dalem hati gw, kuat juga iman si David ngeliat prosesi menyeramkan kayak gitu.

Jadi menurut cerita si David, setelah kaki gw baal, dokternya mulai narik narik kuku gw pake tang gitu. Gw sih berasanya kaki gw digerak-gerakin doank dan berasa ada yang narik-narik, tapi gak berasa sakit sama sekali. Akhirnya setelah selesai ditarik-tarik. dokternya ngelap ngelap kaki gw. Mungkin lagi dibersihin darahnya. Gw baru berani ngeliat pas susternya mulai ngebalut jempol gw pake perban. Fiuhhh lega... Akhirnya selesai juga. 

Pas gw ngeliat si David, tampangnya udah pucet banget, gw kira kenapa. Ternyata dari cerita David, setelah kuku kaki gw lepas dari tempatnya, darahnya ngalir deras banget kayak air terjun. Pantesan dia pucet dan keliatannya hampir muntah. Hahahahahahaha.. kasian.. 

Setelah selesai diperban, gw boleh turun dari bed, masalahnya gw gak bisa pake sendal sendiri. Untung gw pinter udah bawa sendal dari rumah karena gak bisa pake sepatu. Tapi pake sendal aja gw mesti dipakein karena si jempol sakit banget kalo kena sesuatu. Akhirnya dibantuin pake sendal sama David. Gw berasa kayak orang disable.. T.T Susternya nyaranin gw pake kursi roda.. Hiaaaa... gw masih bisa jalan kali. 

Oh ya, gw sempet minta kuku jempol yang udah dicabut itu sama si suster buat disimpen kenang-kenangan. Hahahahaha.. Gak lah! Gw gak sejorok itu kog. Cuma gw foto trus gw buang.

Ini dia foto-foto hasil operasinya :





Untungnya setelah ditimang timang pihak Prudential, operasi kaki gw ini disetujui karena bukan kesalahan gw. Hehehehehe.. Akhirnya gw gak usah bayar apa-apa termasuk obat antibiotik dan pain killer.

Setelah 2 hari gw harus balik untuk ganti perban dan 2 hari berikutnya perbannya dibuka. Jangan dikira gak sakit ya. Karena waktu perbannya dibuka, perban itu nempel sama kulit dalemnya. Beuuhhh sakit banget! Tapi setidaknya sekarang jempol kaki gw udah gak sakit ketusuk-tusuk kuku lagi.


No comments:

Post a Comment